Pertemuan Kelompok Ahli (PKA) â??Membangun Kemitraan Strategis Indonesia-Vietnamâ? Yogyakarta, 18-19 Desember 2006

12/21/2006

No. 104/PR/XII/2006. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Hanoi, Vietnam bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Departemen Luar Negeri Republik Indonesia pada tanggal 18-19 Desember 2006 telah menyelenggarakan Pertemuan Kelompok Ahli (PKA) dengan tema “Membangun Kemitraan Strategis Indonesia-Vietnam” bertempat di Hotel Santika, Yogyakarta.
 
Maksud dan tujuan penyelenggaraan pertemuan adalah sebagai upaya untuk mendiskusikan langkah-langkah yang kiranya dapat ditempuh dan rekomendasi yang kiranya dapat disampaikan kepada Kementerian Luar Negeri masing-masing negara dalam membangun suatu kemitraan strategis.
 
Dengan diselenggarakannya pertemuan tersebut, diharapkan dapat memberikan masukan bagi pembahasan Plan of Action (PoA) sebagai wujud implementasi Deklarasi Bersama antara Presiden RI dan Presiden Republik Sosialis Vietnam mengenai “The Framework of Friendly and Comprehensive Partnership Entering 21st Century” yang telah ditandatangani di Hanoi pada tanggal 26 Juni 2003 pada saat kunjungan kenegaraan Presiden Megawati Soekarnoputri ke Vietnam dan sebagaimana ditegaskan kembali oleh pemimpin kedua negara pada saat kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Vietnam, bulan Mei 2005 serta kunjungan Perdana Menteri Republik Sosialis Vietnam ke Indonesia pada bulan Pebruari 2006.
 
Pada Pertemuan ini, pihak penyelenggara telah mengundang beberapa pembicara dari Vietnam, yaitu Mr. Hoang Xuan Hai, Deputy Director General of Asia II Department, Ministry of Foreign Affairs, Mr. Dang Van Thang, Deputy Director General Department for the Asia Pacific, Ministry of Trade, Mr. Le Bo Linh, General Director of Institute for Southeast Asian Studies, Vietnam Academy of Social Sciences and Mr. Ta Dinh Nhung, Director ffor ASEAN and ARF Division, Institute of Defense International Relation, Ministry of Defence dan dari Indonesia, yaitu:  DR. A.A. Banyu Perwita (Wakil Rektor dan Dosen Senior FISIP UNPAR), Marsma TNI Parulian Simamora (Dirkersin Dephan), Dananjaya Axioma (Depbudpar) serta Juan Gondokusomo (Ketua Komite CLMV, KADIN). Bertindak sebagai nara sumber adalah Drs. Juwana (mantan Dubes RI untuk Vietnam, periode 1992-1994) dan Drs. Aiyub Mohsin, MA.,MM (mantan Dubes RI untuk Vietnam, periode 2000-2003), sedangkan para pembahas adalah Prof. DR. Mochtar Mas’oed (Dekan FISIP UGM) dan Edi Prasetyono, PhD (Kepala Departemen HI, CSIS). Sementara Drs. Harwanto Dahlan, MA (Dosen HI, FISIP, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) bertindak sebagai moderator.
 
Pertemuan Kelompok Ahli ini dibuka oleh Dubes RI untuk Vietnam, Ibu Dra. Artauli R.M.P. Tobing, MA dan dihadiri oleh para peserta dari kalangan pelaku usaha dan para pengamat hubungan RI – Vietnam antara lain pejabat pemerintah pusat dan daerah, akademisi dan anggota KADIN.