Delegasi Parlemen Jerman dan Kemlu RI Bahas Perkembangan ASEAN dan Indo-Pasifik

3/1/2019

​​​

​Jakarta, Indonesia - Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kemlu RI menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “ASEAN and Indo-Pacific” bertempat di Kementerian Luar Negeri Jakarta. FGD ini dihadiri oleh Delegasi Parlemen Jerman yang sedang mengadakan kunjungan resmi ke Jakarta. Delegasi ini dipimpin oleh MP Renate Künast dari Partai Hijau (BÜndnis 90/Die Grünen), yang didampingi oleh anggota Parlemen Jerman dari partai Christian Democratic Union (CDU/CSU), Free Democratic Party (FDP), dan Democratic Socialist Left (Die LINKE), serta perwakilan dari Kedutaan Besar Jerman di Jakarta. (28/2)

Dalam FGD ini, ASEAN dan Indo-Pasifik menjadi topik utama diskusi antara para delegasi dengan Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan, Dr. Siswo Pramono, dan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, Jose Antonio Tavares, yang juga didampingi oleh Direktur Eropa II, Hendra Halim, dan Kepala Pusat P2K2 Amerika dan Eropa, Dr. Ben Perkasa Drajat.

Dalam diskusi juga mengemuka beberapa isu-isu yang menjadi perhatian secara bilateral maupun regional, antara lain isu Agenda Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), kelapa sawit, pengembangan kerja sama smart cities, Jakarta Declaration, serta proyeksi masa depan ASEAN dan perekonomian negara-negara anggotanya dalam 10 tahun ke depan.

FGD merupakan kegiatan rutin yang dilakukan BPPK dalam upaya menggali dan mendalami dinamika politik luar negeri yang tengah berkembang dalam rangka merumuskan kebijakan luar negeri Indonesia. FGD kali ini memiliki keunikan tersendiri karena merupakan pertama kalinya diselenggarakan oleh BPPK dengan anggota parlemen dari negara sahabat.