Dubes RI Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Presiden Uruguay, Tabaré Vázquez

​​​​

Montevideo, Uruguay - Pendekatan sosial budaya merupakan salah satu pendekatan yang dapat menjadi jembatan bagi peningkatan hubungan kedua negara. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Uruguay Tabaré Vázquez kepada Dubes RI Niniek Kun Naryatie dalam kesempatan serah terima Surat Kepercayaan bertempat di kantor Kepresidenan Montevideo, Uruguay (3/04).

Dalam pertemuan khusus dengan Dubes RI, Niniek Kun Naryatie, Presiden Tabaré Vázquez juga menyampaikan bahwa Uruguay ingin meningkatkan hubungan bilateralnya dengan Indonesiam khususnya perdagangan dan investasi.

Saat ini Uruguay telah memiliki Kedutaan Besar di Jakarta yang telah dibuka pada November 2018 lalu. Walaupun tidak memiliki banyak perwakilan di dunia, hal ini menunjukan bahwa Indonesia dipandang sangat penting bagi Uruguay.

“Indonesia adalah sahabat dekat Uruguay", jelas Presiden Tabaré Vázquez. Menurutnya, keberadaan Perwakilan RI untuk Uruguay yang saat ini dirangkap dari Buenos Aires menujukkan komitmen kuat pemerintah Indonesia dalam menjaga hubungan bilateral yang baik dan erat.

Dalam penyerahan surat kepercayaan tersebut, Duta Besar RI menyampaikan salam hormat Presiden Joko Widodo kepada Presiden Tabaré Vásquez serta menyampaikan komitmen kuat Indonesia bagi peningkatan hubungan bilateral kedua negara di berbagai bidang.

Khusus di bidang sosial budaya, pada tahun 2008 hingga 2013, RI-Uruguay memiliki kerja sama di bidang olahraga, khususnya sepak bola, antara La Asociación Uruguaya de Fútbol dan PSSI. Kerja sama tersebut terdiri dari pembinaan, pelatihan dan sosialisasi untuk tim nasional muda Indonesia dari usia di bawah 17 tahun (U-17) hingga di bawah 19 tahun (U-19).

Dalam penyerahan Surat Kepercayaan tersebut, Duta Besar RI didampingi oleh Konsul Kehormatan RI di Uruguay, Nicholas Potrie dan Sekretaris III KBRI Buenos Aires bidang Politik Imad Yousry. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Tabaré Vásquez didampingi oleh Menteri Luar Negeri Rodolfo Nin Novoa dan Kepala Kantor Sekretariat Kepresidenan.

Selain Duta Besar RI, terdapat 10 Duta Besar lainnya yang menyampaikan surat-surat kepercayaan, yaitu Duta Besar Irlandia, Pakistan, Guyana, Belanda, Filipina, Bangladesh, Australia, Mozambique, Kuwait dan Turki. (Sumber: KBRI Buenos Aires)